5 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Mengonsumsi Buah Nangka

Rabu, 20 Juni 2018 - 13:30 WIB
5 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Mengonsumsi Buah Nangka
5 Manfaat Kesehatan Jika Rutin Mengonsumsi Buah Nangka
A A A
JAKARTA - Nangka adalah salah satu buah yang sering kali dilupakan orang. Ketika matang, buah berwarna kuning ini enak dinikmati langsung atau terkadang menjadi campuran es dawet atau es cendol. Tapi, ketika masih muda, nangka bisa disayur atau dijadikan gudeg yang lezat.

Tak hanya lezat di lidah, buah ini sebenarnya punya banyak manfaat untuk kesehatan. Dari meningkatkan sensitivitas insulin hingga membantu mengurangi kerontokan rambut, mengutip Times of India, masih banyak manfaat buah nangka beserta kandungannya.

1. Kandungan
Secara gizi, nangka kaya karbohidrat, serat, vitamin A dan C, riboflavin, magnesium dan potasium. Nangka adalah buah tropis yang merupakan sumber kalori sehat.

2. Menurunkan level gula darah
Nangka mengandung indeks glycemic yang rendah sehingga baik untuk penderita diabetes. Ini karena serat yang ada di dalamnya yang mampu memperlambat pencernaan dan menghentikan peningkatan gula darah. Bahkan keberadaan protein di dalam nangka dikenal membantu mengontrol level gula darah.

3. Kaya serat
Kandungan serat dan karbohidrat di dalam nangka juga baik untuk pencernaan dan bahkan mendukung keteraturan usus, terutama mereka yang menderita konstipasi kronis.

4. Ideal untuk diabetes
Penuh kartenoid dan flavanone, nangka juga kaya kandungan antiperadangan. Karena inilah nangka cocok bagi merka yang menderita sakit jantung dan masalah kolesterol. Selain itu, nangka juga mengandung antioksidan.

5. Memperkuat imunitas
Keberadaan vitamin A dan C berkontribusi pada imunitas yang lebih kuat. Nangka juga dikenal bisa membantu meringankan diare dan asma. Tapi, belum ada kajian apakah nangka bermanfaat untuk perawatan eksternal.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5082 seconds (0.1#10.140)